About Me

Siapakah Aku?

Aku bernama  Sudi Al-Fakir alias Jawad Satuju. Itu nama penaku…berasal dari sebuah singkatan dari nama jalan dan nomor rumahku JAlan WADas SAtu nomor TUJUh. Namaku sebenarnya Nana Sudiana, seorang lelaki asal desa Waledkota, Cirebon (Timur) yang terlahir lebih dari setengah abad yang lalu. Aku mempunyai 4 orang anak, satu anak perempuan dan tiga anak laki-laki, dan hanya tinggal si bungsu yang belum menikah. Dari ke 3 anak-anakku, aku juga telah mendapatkan enam orang cucu. Aku seorang pensiunan dari sebuah BUMN, dan mengisi hari-hariku dengan belajar agama dan mencoba menambah bekal akhiratku, mudah-mudahan dapat kembali dalam khusnul khotimah. Amiin.

Anak desa yang merantau ke Jakarta tahun 1970 ini (setelah putus asa tidak ada biaya untuk melanjutkan kuliah) dan sempat menjadi buruh bangunan, alhamdulillah, secara “dunia” mungkin dianggap cukup berhasil dan aku bersyukur dan senantiasa mensyukuri nikmat-Nya. Namun pencapaian “dunia” dengan segala kelezatannya tidak ada artinya apa-apa jika tidak memperoleh ridho-Nya dalam kehidupan nanti di alam kelanggengan.

Do’akan aku ya!

H. Nana Sudiana, SE

53 responses to “About Me

    • Iya mas Sudiana, disamping sibuk pekerjaan “dunia” terkadang juga suka lupa bahwa saya punya Blog :) InshaAllah setelah agak senggang saya posting lagi segala yg bermanfaat. Punten nya bro! hehe

  1. assalamualaikum,..
    Salam kenal Pak Jawad Satuju, saya tertarik sekali dengan koleksi pustaka agama bapak terutama yang berjudul: MI’RAJ ROHANI MENEMUI NUR ILLAHI, DR.Kuswanto, Institut Kajian Tasawuf Cahaya Perdana “Az Zukhruf”, Cetakan Pertama April 2000. Kebetulan saya sedang mencari buku tersebut, sudah berkali2 mencari ditoko buku seluruh Bogor tidak ketemu. Jika bapak memiliki lebih dari satu saya bersedia untuk membeli buku tersebut pak. Terimakasih.
    Wassalam,
    Dixi

    • Wa’alaikumsalam saudaraku Dixi, terimakasih sudah mampir di SC. Tentang buku yang disebutkan, sayang sekali judul yang itu saya cuma punya 1 buku. Khusus buku2 agama saya cuma beli 1 exp. Memang untuk buku2 yg beken (Best Sellers) seringkali beli beberapa exp. (seperti La Tahzan dll) untuk dibagikan kepada anak2 dan teman/kerabat dekat. Juga novel2 beken dari Pipiet Senja, Kang Abik (AAY), Laskar Pelangi dll. Coba sesekali kalau ke Jakarta cari di Gunung Agung, Walisongo atau di Gramedia, InsyaAllah ada. Maaf sekali lagi ya tdk bisa membantu. Salaam…

  2. Assalamualaikum wr Pak Haji… salam kenal.
    kalau boleh saya ingin minta informasi untuk mendapatkan buku yang ada di katalog Bapak< yaitu buku yang berjudul SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI TIMUR JAUH, Al-Habib Alwi bin Thahir al-Haddad, Penerbit Lentera, Cetakan Pertama, November 2001. karena saya sangat membutuhkan buku itu. atas perhatian dan bantuan Bapak, saya ucapkan Jazakumullah khoirun Jazza….

    • Wa’alaikumsalam Saudaraku Ian Satrian (maaf jika salah, saya hanya mengutip dari nama e-mailnya). Terimakasih telah berkunjung ke SC, mengenai buku yang dimaksud saya sendiri lupa darimana mendapatkannya. Namun yang jelas sumber semua buku-buku saya adalah dari Toko Buku (Gunung Agung, Walisongo dan Gramedia), juga toko-toko buku Online di internet (ada beberapa), atau, meskipun jarang-jarang, adakalanya hadiah dari teman. Silahkan cari di toko-toko buku diatas, semoga mendapatkannya. Jika saya berkesempatan ke TB lagi, InsyaAllah akan saya cari/beli juga untuk saya hadiahkan kepada anda. Wassalam…

    • Wa’alaikumsalam Wr.Wb.
      Kalau tidak keliru ini mas Suhar yang dulu di Al-Sofwah?
      Maaf kalau salah ya mas, maklum ada bbrp nama yg sama dan lama kita tidak komunikasi.
      Alhamdulillah masih diberikan ni’mat sehat, panjang umur untuk dampingi anak & cucu.
      Semoga anda & keluarga juga sht dan berkah selalu, makasih sudah mampir di SC.
      Wassalam.

      • Betul Pak Haji, saya skrg di BSI Jatiwaringin, wah kalau lihat CV na, boleh juga nih kapan2 jadi dosen tamu di BSI pak. Boleh kontak2 ke email ya pak.

  3. Assalamua’alaikum WR. WB.

    Pak Nana yang ingsya ALLAH selalu dalam rahmat dan hidayah ALLAH SWT, mohon dalam SC ini di tuliskan juga tentang teori dan praktek asuransi yang selama ini Bapak Geluti. Karena kami yang junior di dunia asuransi ini butuh informasi dan pengalaman Bapak sehingga bisa jadi referensi yang sangat membantu

    • Wa’alaikumslm wrwb. Saudaraku Rohendi, makasih sdh mampir di SC. Thanks juga sarannya, insyaAllah saya pertimbangkan meskipun bkn prioritas saya mengenai hal itu, sebab sudah banyak institusi pendidikan asuransi (STIMRA, STIA Trisakti, LPAI, AAMAI dll) yg jauh lebih kompeten, sedangkan blog ini justru tempat sharing ilmu ukhrowi untuk bekal “pulang” saya…Namun utk sharing pengalaman, please feel free utk hubungi saya di facebook/e-mail, insyaAllah saya bisa membantu sharing. Wassalam…

    • Oh ya Rohendi ada yg lupa…Jazakallah khoiron katsiro atas do’anya…Aamiiin Yaa Mujibas sa-iliiin…do’a yang sama untuk anda dan keluarga juga. Salaam

    • Wa’alaikumsalam wr.wb.
      Tentu saja mas, apalagi sesama saudara seiman dan seakidah…
      Silaturrahim & ukhuwah insyaAllah membawa berkah dan memperkuat persaudaraan Islam.
      Syukron telah mampir ke SC ya..
      Salaam.

  4. Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh,
    Tergetar hati saya membaca tulisan2 bapak, sederhana mengalir penuh hikmah.., semoga banyak yang bisa saya jadikan tuntunan..
    Wass. Wr. Wb.

    • Wa’alaikumussalam wrwb. Alhamdulillah jika ada hikmah dan manfaatnya mas Ferry yg baik…Mungkin sebagian besar tulisan yg ada karya para ahli agama (Ustadz/Ulama) yg saya copas, krn saya juga msh harus banyak belajar…Makasih ya sdh mampir ke SC.

  5. assalamualaikum wr wb
    Saya mau add anda di Facebook, utk belajar lebih banyak dari anda.
    Tapi akun Facebook saya sedang alami gangguan.

    Ada tulisan:

    Block! You are engaging in behavior that may be considered annoying or abusive by other users.
    You have been blocked from adding friends because you repeatedly misused this feature. This block will last anywhere from a few hours to a few days. When you are allowed to reuse this feature, please proceed with caution. Further misuse may result in your account being permanently disabled. For further information, please visit our FAQ page.

    Senang berkenalan dgn anda.

    • Wa’alaikumsalam wrwb. Terimakasih kang Dodi atas kunjungannya ke Blog sederhana ini.
      Mari kita sama2 belajar, sebab saya sendiripun bkn Ustadz atau ahli ilmu, sekadar copas
      dari ahlinya atau mencoba berlatih menulis dari apa yg didapat secara otodidak (self-study).
      Soal Facebook anda yg sdg diblokir (sementara), dgn alasan facebook anda suka dipake berulangkali
      utk hal2 yg kurang semestinya…hehe. Saya sih tidak percaya, mungkin ada yang iseng/jail melaporkan
      begitu. Klo sdh sembuh fesbuknya silahkan saja add saya, sekali lagi kita sama2 belajar. Wassalam.

  6. Assalamu’alaikum Kang Nana, smoga brkah sehat wal afiat ttp trcurah pd Kang Nana sakulawarga, sy sngt bangga sbg putra daerah plus dulur saboroyot, punya seorng tokoh spt Kang Nana dgn bragam pnglmn srta rwyt hdp nya, namun ada hal yg prlu mndpt nasehat dr Kang Nana ttg bgmn kiat mbngun tanah tumpah darah kita (Wld Kota) yg smakin trpuruk sbg Ibukota Kcmtn Waled, sy mngkn satu dr skian bnyk putra daerah yg ingin ikut mmprhtkn & mengontrol prkmbngn pmbngunan wld kota, mhn sarannya Kang, htr nhun Wassalam

    • Wa’alaikumsalam WrWb.
      Hatur nuhun telah mampir ke Saung sederhana ini dan terutama atas do’anya Ayi Ade, smg Allah SWT membalasnya dengan berlipat ganda. Amin Yaa Rabbal Alamiiin…

    • Wa’alaikum salam wrwb. Mas Handika kan ya? sorry klo salah. Makasih ya sdh mampir ke SC yg serba sederhana ini.
      InsyaAlloh nanti saya balas kunjungan ke blog anda.

  7. Assalamu’alaikum Bapak Nana Sudiana,

    Alhamdulillah dan terima kasih atas kunjungan Bapak.
    Sebuah kehormatan bagi saya sekaligus sebagai teguran.

    Salam silaturrahim dari saya buat Bapak sekeluarga, semoga senantiasa diberkahi oleh Allah SWT…amiin.

    Wassalam dari alfaqir,
    Rozy

    • Wa’alaikumsalam Wr.Wb.
      Makasih mas Rozy atas kunjungannya ke blog yg sederhana ini. Oh ya saya juga pernah ke sana ya? alhamdulillah… Do’a yg sama saya lantunkan ke hadirat Allah Azza wa Jalla, smg mas Rozy dan kel. juga senantiasa berada dalam lindungan-Nya. Amiiin.
      Wassalam,
      Nana S (Sudi al-Fakir)

  8. Assalamualaikum.
    Kumaha damang? Terus berkarya ya kang Nana. Ketika detak waktu tak bisa kita hentikan, ada aliran yang membahgiakan kan bisa kita nikmati tanpa batas waktu, tinggalkan jejak dan amal itu, NULIS! Met kenal. (From: Candikala)

    • Wa’alaikummussalam wrwb.
      Alhamdulillah pangestu jang Aris, smg anda juga demikian. Selamat menjalankan ibadah shaum Ramadhan ya, semoga kembali fithri. Amiin.
      Makasih sudah mampir ke SC.

    • Wa’alaikumussalam Wr.Wb.
      Terima kasih, ah sekadar modal nekat seorang tua dan banyak hasil copas, semoga saja bermanfaat bagi generasi muda yang masih sibuk berkarya.
      Sama2, selamat menjalankan ibadah shaum Ramadhan, semoga kita bisa kembali fithri. Amin.

  9. Assalamualikum………….Selamat melaksanakan ibadah puasa. photo Saungnya sepertinya saya kenal.heheh……keep writing Pak Nana…..

    • Wa’alaikumsalam Kang Mantri, makasih udah berkenan mampir ke Saung Cirebon.
      Jangan bilang2 bahwa itu Saung Vanuatu hehehe…Selamat Menunaikan ibadah puasa juga.
      InsyaAlloh saya akan terus menulis dan mengkopas selama masih diberikan umur lebih panjang oleh Sang Empunya.

  10. subhanallah – Bapak semoga aku tidak telat membuka SAUNG CIREBON ini – dari awal membaca pengenalan diri – sudah terasa betapa indah pesan dan pengalaman yang harusnya menjadi contoh bagi kita (walaupun berbeda tapak tp intisari Insya Allah bisa bermakna).
    Aku membaca baru sebagian puisi-2, kata indah tidaklah cukup, tp cuman itu yg bisa disampaikan bahkan mohon ijin aku telah mengcopy dan aku simpan dng judul Puisi-2 oleh Bp Nana Sudiana, demikian juga hadits yg akan banyak membantu aku mempelajari dan lebih mengenal ilmu akhirat (semuanya ku copy yg nantinya aku perlu jwban penjabaran agar lbh dpt aku pahami). Terima kasih Bapak kehadiran Saung Cirebon ini hakkul yakin akan bermakna banyak bagi kita semua. wassalam

    • Amiin…Yaa Robal Alamiin. Alhamdulillah dan puji syukur kepada Allah SWT. jika isi SAUNG CIREBON bermanfaat bagi teman2. Saya pun masih dlm tahap belajar, masih jauh dari baik, apalagi benar atau sempurna. Janganlah sungkan mengemukakan kritik, saran dan pendapat karena saya masih terlalu banyak kekurangannya. Kebenaran hanya milik Alloh semata, sedang kekurangan dan kesalahan karena kebodohan saya.

  11. assalamualaikum…..sampurasuuuun
    kang haji meuni sae yeuh saung cirebon teh
    sigana mah urang aya pakuat pakaitna nya
    apanan pun nini mah asli cirebon
    ti kasepuhan
    pun biang digubragkeunana oge di cirebon…

    mung abdi mah mangsa budak di sumedang…

    aeh, aoanan kang haji tos maos Dalam Semesta Cinta
    pamugi silaturahmi urang sadaya tiasa mayeng

    hatur nuhun tos ngaborong buku karya abdi
    wassalam

    • Wa’alaikumsalam wr.wb. Teh Pipiet, hatur nuhun tos ngalongok saung akang anu saayana ku jalaran modal nekad doang…klak…klik…kesana kemari. Alhamdulillah masih saturunan nya…anu jelas mah masih teureuh Prabu Siliwangi keneh….:)

  12. Terima kasih Pak sudah kirim saya alamat Blog Bapak… Sejuk sekali berkunjung kesini. Banyak petuah berharga yang bisa jadi pegangan bagi kita. Tentu.. lama hidup banyak dirasa. Banyak pengalaman yg bisa dibagi..

    • Tks Bang Irfan sudah mampir ke blog sederhana yg dibuat hanya dengan modal nekat (pdhl gaptek abis)
      Syukurlah klo ada yg bisa diambil manfaatnya.Salam tuk kel. & rekan2 di Reindo.

    • Wa’alaikumsalam Mas Sunaryo. tks mau berkunjung ke saung saya. Msh belajar mas, sekadar iseng mengisi masa pensiun. sebagiannya puisi karya teman2 saya. Puisi anda bagus2, kpn2 saya berkunjung lagi untuk baca2 lbh mendalam. Wassalam,

  13. Wah saya kagum juga nih sama riwayat hidup pak nana, dapat dijadikan contoh untuk yg muda2 agar strugle for life lebih tegar.cuma sayang terlalu singkat lebih bagus kaya ada semacam otobiography, dan juga kalo masuk blog ini kok lemot sekali ya.. mau pindah dari satu halaman ke halaman lain lemot.

    Wassalam

    • Thanks mas Suryo komennya, mudah2an. Ini blog pasti jauh dari sempurna karena memang bikinnya hanya modal nekat saja klik sana klik sini akhirnya jadi juga seadanya (maklum gak sekolah kompi, kalo menthok2nya tanya Pak Elkana, guru spiritual kompi saya). Tapi klo soal lemot mungkin dari wordpress-nya begitu ya? Wallahu a’lam, anyway thanks masukannya.

  14. Assalamu’alaikum…wr.wb

    Senang bisa ketemu mas dan blog ini pun penuh dengan hikmah..jika berkenan saya ingin menampilkan…artikel blog ini…untuk blog saya?.jika mas mengijinkan ( tentunya tetap ada sumber asli dari blog …ini )…

    • Wa’alaikumussalam wr/wb. Terimakasih, silahkan kita sebarkan berita baik tentang junjungan kita Muhammad SAW agar lebih banyak lagi orang yang membacanya. Amiin.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s