Hadits 35

Seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW,

“Ya Rasulullah, apakah mungkin seorang mu’min bersifat penakut?”. Beliau menjawab, “Ya mungkin”. Ditanya lagi, “Apakah mungkin ia bersifat kikir?” Nabi SAW menjawab, “Ya mungkin”. Kemudian ditanya lagi, “Apakah mungkin ia bersifat pembohong?”. Nabi SAW menjawab, “Tidak, tidak mungkin”. (HR Ahmad)

3 responses to “Hadits 35

  1. Mohon penjabaran terhadap Hadits tsb diatas. Apa maksudnya bahwa mu’min tsb tidak bersifat bohong? sementara dia mungkin penakut dan mungkin kikir?.

    Terima kasih

    • Lucy, hadits tersebut dan banyak Hadits lainnya saya ambil dari berbagai buku perihal Hadits Rasulullah SAW (a.l. Kumpulan 1100 Hadits Terpilih, Buku2 Hadits Tarjamah Shahih Bukhari dll), namun sayang sekali memang tidak ada penjelasan/penjabarannya. Pertanyaan Lucy bagus sekali dan kritis. Saya akan berusaha mencari jawabannya dari buku2 atau para Ustadz, sebab seorang Mu’min (yang merupakan seorang muslim yang bertaqwa kepada Allah SWT dengan sebenar-benarnya taqwa) seyogyanya tidak penakut dan tidak kikir apabila itu sudah merupakan perintah dan ketetapan Alloh & Rosul-Nya (misalnya berjihad atau membayar Zakat bukan?). Jazakallah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s